Pelatihan Pengumpul Data Kajian Faktor Determinan Kematian Ibu Di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017


Posted on 20 hari yang lalu | by : Erpindo | 29 kali dibaca

Category: Berita Terkini



Dalam rangka untuk memberikan bahan masukan bagi pengambil kebijakan dalam mendukung kebijakan pembangunan bidang kesehatan dan mendukung Sustainable Development Goals/SDGs), Balitbang Provinsi  Sumatera Barat  pada tahun 2017 melaksanakan Kajian Faktor Determinan Kematian Ibu di Provinsi Sumatera Barat.  

Tujuan penelitian tersebut antara lain adalah untuk mengetahui faktor determinan penyebab  kematian ibu, mendeskripsikan pelaksanaan program dan hambatan dalam upaya penurunan Angka Kematian Ibu, dan merumuskan pengembangan strategi/model dalam upaya penurunan Angka Kematian Ibu.

Lokasi penelitian dilaksanakan di 9 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat, yaitu di Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok Selatan,  Kabupaten Pasaman Barat, Kota Bukittinggi dan Kota Padang.

Metode pengumpulan data dilaksanakan secara kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif. Data kuantitatif dilaksanakan melalui wawancara kepada sejumlah responden di beberapa kabupaten/kota dengan menggunakan kuesioner.

Adapun yang menjadi sampel kasus dalam penelitian adalah adalah keluarga yang mengalami kasus kematian ibu pada tahun 2016, yaitu sejumlah 40 kasus, dan sampel kontrol yang diambil adalah subyek yang berdekatan dengan sampel kasus untuk menghomogenkan karakteristik sosial kasus dengan control sebanyak 40 orang, sehingga sampel keseluruhan berjumlah sebanyak 80 orang. Pengambilan sampel kasus dilakukan secara probability sampling dengan acak sederhana (simple random sampling).

Sebelum pengumpulan  data dilaksanakan, terlebih dahulu dilaksanakan pelatihan untuk pengumpul data dengan pertimbangan bahwa perlu adanya penyebarluasan pemahaman substansi Kajian Faktor Determinan Kematian Ibu di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017. Pelatihan pengumpulan data dilaksanakan di kantor Balitbang Provinsi Sumatera pada tanggal 3 Agustus 2017. Adapun yang memberikan pelatihan pengumpulan data adalah Peneliti Madya Balitbang Provinsi Sumatera Barat yakni Dra. Yulfira Media, MSi bersama dengan Peneliti dari Politeknik Kesehatan Negeri Padang (Zul Amri, DCN, Mkes dan Yussie Ater Merry, M.Keb). Sedangkan pengumpul data untuk data kuantitatif juga melibatkan tenaga pengumpul data dari alumni Akademi Kebidanan Poli Teknik Kesehatan Padang.

Pelaksanaan pelatihan untuk pengumpul data Kajian Faktor Determinan Kematian Ibu di kantor Balitbang Provinsi Sumatera pada tanggal 3 Agusutus 2017. Dengan adanya pemahaman yang baik, diharapkan pengumpul data  dapat mengumpulkan data dengan benar, sehingga akan menghasilkan kualitas data yang baik. Tujuan umum dari pelatihan ini agar peserta pelatihan mampu untuk melakukan pengumpulan data Kajian Faktor Determinan Kematian Ibu dengan baik, memahami substansi penelitian, memahami instrumen penelitian.

Sebagai rangkaian kegiatan pelatihan pengumpulan data, masing-masing pengumpul data melaksanakan uji coba instrumen. Kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai validitas dan realiabilitas draft instrumen penelitian tersebut.  Uji coba instrumen dilakukan di beberapa wilayah kerja Puskesmas di Kota Padang yang telah terpilih secara random (Bid.SEP)

Agenda Kegiatan

    Belum Ada Kegiatan.

Link E-Journal Balitbang
Statistik Pengunjung
  •  
  •  1 Online
  •  
  •  4 Visitor Today
  •  
  •  28 Visitor Yesterday
  •  
  •  3464 All Visitor
  •  
  •  13656 Total Hits
  •  
  •  54.225.20.73 Your IP