Balitbang Dukung Era Digital Dengan Penelitian Model Aplikasi Pariwisata


Posted on 02 Oktober 2017 13:04:24 WIB | by : Erpindo | 137 kali dibaca

Category: Berita Terkini



Pariwisata merupakan sektor penting  yang berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan sektor ini  menjadi salah satu prioritas dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Prov. Sumbar Tahun 2016-2021 serta menjadi salah satu indikator kinerja umum Pemerintah Daerah dalam pembangunan lima tahun mendatang. Dalam rangka mencapai target prioritas bidang pariwisata yaitu peningkatan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara melalui  salah satu strategi yaitu meningkatkan efisiensi dan efektifitas promosi pariwisata.

Sebagai salah satu upaya mendukung kebijakan pariwisata Sumbar dalam peningkatan promosi dan pemasaran pariwisata berbasis teknologi informasi, Balitbang Provinsi Sumatera Barat pada Tahun 2017 mengadakan penelitian terapan yang akan menghasilkan model aplikasi Sistem Informasi Pariwisata dengan pilot projectkeg. Penelitian berlokasi di Kota Bukittinggi. Model Aplikasi ini diharapkan  nantinya dapat dikembangkan  sebagai alat pengembangan pariwisata.

Keluaran akhir kegiatan penelitian ini adalah lahirnya sistem informasi berbasis android serta web tentang kepariwisataan Kota Bukittinggi yang memberikan informasi antara lain tentang objek wisata, hotel, restaurant, pusat oleh-oleh serta transportasi lokal yang diperlukan oleh turis dalam melakukan kunjungan wisata ataupun yang sedang merencanakan kunjungan wisata.

Pemilihan Kota Bukittinggi sebagai pilot project karena Bukittinggi telah lama dijadikan sebagai ikon wisata utama Sumatera Barat dan Bukittinggi dalam dokumen (RIPKP) Tahun 2014-2025  yang juga dituangkan dalam RPJMD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016-2021 dijadikan sebagai kawasan utama pengembangan pariwisata dengan Wilayah II Bukittinggi dan sekitarnya.

Bukittinggi  juga telah memiliki berbagai sarana penunjang pariwisata yang komprehensif untuk sebuah kota wisata dan sudah sepatutnya untuk memiliki media penunjang informasi pariwisata, mengingat di era digital ini, teknologi informasi menjadi sebuah kebutuhan. Terutama untuk Kota Bukittinggi, Pariwisata merupakan salah satu kontributor terbesar yang menunjang perekonomian daerahnya.

Model aplikasi ini akan memberikan informasi terhadap pilihan sarana penunjang pariwisata disekitar objek wisata dan informasi objek dan sarana penunjang pariwisata secara umum. Model aplikasi ini dirancang berdasarkan Sistem Informasi Geografis  atau berbasis GIS. Pemanfaatan  GIS telah menjadi tren saat ini dan aplikasi berbasis SIG terbukti memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan ekonomi dan sosial. Penelitian ini mengembangkan aplikasi GIS untuk menentukan sarana penunjang disekitar landmark Bukittinggi (jam gadang), rekomendasi sarana penunjang disekitar objek wisata dan informasi objek wisata dan sarana penunjang pariwisata secara umum.

Penelitian ini melibatkan tim peneliti dari Balitbang dan tenaga ahli dari Fakultas Sistem Informasi Universitas Andalas yang merupakan ahli  Sistem Informasi Berbasis GIS. 

Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Rapat Pengendali Mutu

Rapat dalam rangka pembahasan proposal dan rencana penelitian pilot project pembangunan sistem informasi pariwisata di kota Bukittinggi dilaksanakan di ruang pertemuan Balitbang Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 9 Mei 2017. Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Sosial Ekonomi dan Pemerintahan, dan dihadiri oleh 15 orang peserta yang berasal dari  Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Dinas Pariwisata Kab. Tenaga Ahli Fakultas Sistem Informasi Universitas Andalas serta tim peneliti dan staf dari Balitbang.

2. Sosialisasi Rencana Penelitian dan Koordinasi dengan OPD terkait di Kota Bukittinggi

Rapat koordinasi untuk membahas kegiatan penelitian “Pilot Project Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata di Kota Bukittinggi” dilaksanakan pada tanggal 28 April 2017 bertempat di ruang pertemuan Balitbang Provinsi Sumatera Barat. Pertemuan yang dipimpin oleh Kepala  Bidang Sosial Ekonomi dan Pemerintahan diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari  Bappelitbang Kota Bukittinggi, Dinas Pariwisata  Kota Bukittinggi, PHRI DPC Kota Bukittinggi dan ASITA Prov.Sumbar.

Pertemuan diawali dengan pemaparan rencana pembuatan aplikasi sistem informasi pariwisata Kota Bukittinggi berbasis android dan web. Paparan menampilkan latar belakang pelaksanaan kegiatan Pilot Project Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata di Kota Bukittinggi serta informasi yang akan ditampilkan pada sistem aplikasi serta web.

3. Audiensi dengan Wawako Bukittinggi dalam  Rangka Sosialisasi  dan Permohonan Dukungan Keg. Penelitian dari Pemkot Bukittinggi.

Audiensi dilakukan pada tanggal 12 Mei 2017 dalam rangka penyampaian   rencana kegiatan yang akan dilakukan di Bukittinggi dan dukungan yang diharapkan dari Pemkot Bukittinggi untuk kelancaran kegiatan dan harapan kegiatan agar dapat dimanfaatkan oleh Pemkot nantinya.

4. Koordinasi  dengan Lembaga terkait Jasa Usaha Wisata (PHRI) di Kota Bukittinggi

Koordinasi dengan PHRI DPC. Kota Bukittinggi telah kerap dilakukan baik dengan Ketua PHRI, Ibu Vina Kumala, SE, Akt, Sekretaris PHRI maupun anggota PHRI. Koordinasi ini dilakukan dalam rangka akses pengumpulan data dan permintaan tenaga PHRI sebagai petugas pembantu lapangan guna pengumpulan data di lapangan.

5. Pengumpulan Data Penelitian

Pengumpulan data penelitian dimulai bulan mei sampai dengan bulan juli 2017. Pengumpulan data dilakukan langsung oleh tim kelitbangan kegiatan penelitian, mapun dibantu oleh petugas pembantu lapangan yang  berasal dari PHRI DPC. Kota Bukittinggi.

Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan interview maupun kusioner. Pendataan antara lain terkait informasi yang terdapat  dalam objek wisata dan penentuan posisi koordinat  dan dokumentasi objek terkait

6. Validasi  Koordinat Data Penelitian  dengan Petugas Pembantu lapangan

Validasi koordinat dilakukan dalam rangka memastikan keakuratan posisi objek data terkait yang dilakukan oleh tim kelitbangan bersama petugas pembantu lapangan.

7. Rapat Progres Hasil Pengolahan Data bersama pengolah data dan tenaga ahli GIS dari Unand

Rapat progres pengolahan data dalam rangka pembuatan model aplikasi terus dilakukan secara berkala setiap minggunya pada akhir triwulan III untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kegiatan. Rapat ini dilakukan bersama pengolah data, mahasiswa Teknologi Informasi Universitas Andalas dan Pakar GIS, Bapak Prof. Surya Afnarius, Ph.d.

Dengan adanya model aplikasi ini nantinya diharapkan bisa dikembangkan dan diterapkan dan menjadi salah satu instrument untuk mempercepat akselerasi kemajuan dunia  pariwisata Kota Bukittinggi khususnya dan Sumatera Barat umumnya, mengingat masih lemahnya pemanfaatan Teknologi Informasi atau TI untuk pengembangan pariwisata di Provinsi Sumatera Barat (sub.eko/SEP)

Agenda Kegiatan

    Belum Ada Kegiatan.

Link E-Journal Balitbang
Statistik Pengunjung
  •  
  •  1 Online
  •  
  •  18 Visitor Today
  •  
  •  29 Visitor Yesterday
  •  
  •  4622 All Visitor
  •  
  •  17144 Total Hits
  •  
  •  54.163.210.170 Your IP