Berita

Dewan Juri Dalam Paper Competition (Andalas Accounting National Events) 201715 Jun 2020 08:06:32 / 454 view

Dalam rangka pelaksanaan acara Accounting Week 2017, Himpunan Mahasiswa Akuntansi  Fakultas Ekonomi Universitas Andalas mengadakan ACCOUNTS (ANDALAS ACCOUNTING NATIONAL  EVENTS)  yang mengangkat tema Strategi Indonesia Dalam Mencapai  Ketahanan Ekonomi  Nasional.

Tujuan pelaksanaan kegiatan paper competition tersebut antara lain adalah untuk mengasah dan meningkatkan daya kritis mahasiswa serta kemampuan dalam penalaran karya ilmiah dan sebagai ajang penilaian kreativitas mahasiswa Indoensia terhadap pengembangan pola pikirnya dalam karya tulis ilmiah. Kegiatan paper competition dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2017 bertempat di Fakultas Ekonomi Unand.

Terkait dengan pelaksanaan paper competition tersebut, panitia penyelanggara telah mengundang Badan Litbang Provinsi Sumatera Barat untuk menjadi Dewan Juri pada babak semi final dan final acara paper competition tersebut.  Dalam hal ini Badan Litbang Provinsi Sumatera telah menugaskan  peneliti (Dra. Yulfira Media, MSi) untuk menjadi juri dalam acara dimaksud. Dewan  juri lainnya yang berasal dari Unand (Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA) dan dari Kementerian Desa Tertingal (Drs. Winarno).

Peserta lomba karta tulis ilmiah tingkat Mahasiswa tersebut diikuti oleh 20 tim yang berasal dari beberapa Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia, seperti ITB, UI, UGM, Unpad, Unand, USU , dll. Peserta tampil bersama tim, dan masing anggota tim  akan memperesentasikan hasil karya tulis ilmiah yang sebagai besar adalah merupakan hasil dari penelitian mereka.

Masing-masing tim diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah selama lebih kurang 10 menit, dan setelah selesai presentasi  setiap juri akan memberikan pertanyaan kepada tim peserta, dan kemudian peserta diminta untuk menjawab langsung pertanyaan yang telah diajukan oleh dewan juri. Setiap dewan juri memberikan penilaian terhadap penampilan peserta lomba, dan dari hasil total penilaian ditentukan pemenang 1, 2 dan 3.

Hasil karya tulis ilmiah yang disampaikan oleh masing-masing peserta lomba tampaknya relatif baik dan inovatif. Dengan kegiatan ini diharapkan ke depan minat dan motivasi mahasiswa untuk menghasilkan karya-karya yang lebih baik, kreatif dan inovatif  semakin meningkat (Bid.PIT)

.