Berita

Tingkatkan Kompetensi Web Design dan Kehumasan, Balitbang Kemenkominfo RI Adakan Pelatihan bagi ASN untuk Tiga Provinsi dan Daerah 3T Sumbar16 Jun 2020 16:06:59 / 327 view

Padang, Diskominfo SB – Untuk meningkatkan kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya yang bertugas di daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3 T), Balai Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyelenggarakan pelatihan web design dan Kehumasan di Ibis Hotel Padang selama lima hari, 25-29 November 2019.

Kepala Balitbang SDM Kemkominfo, Irbar Samekto dalam sambutannya pada acara pembukaan, Senin (25/11/2019) mengatakan, target yang ingin dicapai melalui pelatihan ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan, khususnya berkaitan dengan web design dan pengelolaan kehumasan.

“Harapan kami selaku panitia penyelenggara, peserta mampu memahami konsep sekaligus menguasai praktik pembuatan website serta kegiatan di bidang kehumasan,” kata Irbar.

Selanjutnya dikatakan bahwa, pihaknya berkomitmen terhadap pembangunan SDM ASN dan penyederhaan birokrasi sesuai dengan arahan Presiden. “Pelatihan ini merupakan bagian dari perencanaan strategis Kemenkominfo dalam peningkatan kualitas SDM,” ujarnya.

Narasumber pelatihan kehumasan, Emeraldy Chatra dalam paparannya menjelaskan, bagaimana semestinya humas pemerintah mampu berperan aktif selaku perpanjangan tangan suatu organisasi.

“Peranan humas sangatlah penting dan tidak terpisahkan dari pimpinan, untuk itu program kehumasan harus jelas dan terukur, baik dari sisi data, perumusan dan penyusunan program serta implementasinya,” katanya.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas ini juga menegaskan agar produk-produk kehumasan tidak mesti serba digital.

“Praktisi humas jangan lari dari "Sense of Humanity”, jangan sampai semua serba komputerisasi, tidak semua masyarakat mampu memahami dan memanfaatkan media komunikasi digital dengan baik,” ungkap Emeraldy.

Selain peserta dari daerah kabupaten 3T di Provinsi Sumatra Barat, turut hadir perwakilan Diskominfo Provinsi Sumbar, Sumut dan Aceh. 

(Desi-rina/MMc DISKOMINFO)

.