Berita

PERSIAPAN PENGUSULAN KAWASAN DANAU SINGKARAK MENJADI GEOPARK NASIONAL29 Jun 2021 06:06:51 / 48 view

Solok (Balitbang Prov. Sumbar), - Rapat bersama Pemprov. Sumbar dan  Pemda Kab. Solok dengan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemmenko Marves RI terkait pengusulan Kawasan Singkarak Menjadi Geopark Nasional dilaksanakan di kawasan wisata Bukit Cinangkiak Kab. Solok. Dihadiri oleh Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemmenko Marves, Wakil Gubernur Sumbar, Bupati dan Wakil Bupati Solok, Kepala Balitbang Prov. Sumbar, Tim Penyusun Kajian Geopark Singkarak, serta unsur OPD terkait lainnya. Kawasan Danau Singkarak yang terbentang di Kabupaten Solok dan Tanah Datar dipersiapkan menjadi Geopark Nasional untuk melindungi warisan geologi, keanekaragaman hayati dan keanekaragam biologi serta untuk mendukung perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata. "Danau Singkarak merupakan sentral patahan Sumatera, berpotensi untuk dijadikan Geopark. Kita memproyeksikannya menjadi inti dari Geopark Ranah Minang," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Jumat, 25 Juni 2021. Wakil Gubernur Sumbar berharap, target terakhir dari pengusulan itu adalah menjadi Geopark Dunia yang diakui oleh UNESCO. Karena dengan demikian akan ada branding terhadap Geopark Singkarak di level internasional sehingga akan banyak pengunjung yang datang dari mancanegara dan memberikan dampak positif bagi perekonomian setempat.

Bupati Solok Epyadi Asda mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya menjadikan Singkarak menjadi Geopark Nasional yang diharapkan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Sumbar. Ia menilai dengan jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat akan memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat setempat.

Sementara itu Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemmenko Marves, Rustam Effendi mengatakan untuk mewujudkan Geopark Singkarak dibutuhkan sinergi semua pihak (Pemerintah, Perguruan Tinggi, Lembaga Peneliti, Swasta, Penggiat Wisata serta Masyarakat). Karena yang Singkarak ini baru merintis maka jalurnya diusulkan untuk geopark nasional dulu. Usulan dilakukan oleh pengelola Geopark sesuai rekomendasi Gubernur. Setelah itu dibutuhkan juga rekomendasi Komite Nasional Geopark Indonesia. Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemmenko Marves menyatakan siap untuk mendukung Kawasan Singkarak menjadi Geopark Nasional.

Kegiatan ini diakhiri dengan meninjau langsung ke Danau Singkarak serta melihat beberapa lokasi yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata unggulan.  

 

DIPOSTING OLEH :

BIDANG EKONOMI DAN PEMBANGUNAN BALITBANG PROV. SUMBAR

.