Berita

Pertemuan Pengolahan Pakan Komplit Berbasis Teknologi Probiotik Nabati di Nagari Lasi23 Jul 2022 12:07:44 / 55 view

Agam, (Balitbang Prov. Sumbar), - Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan Pertemuan Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi Pengolahan Pakan Komplit bagi petani/peternak di Nagari Lasi Kabupaten Agam pada tanggal 7 s/d 8 Juli 2022. Pertemuan dibuka secara resmi oleh Kepala Balitbang Provinsi Sumbar Dr. Ir. Reti Wafda, M.Tp.  Turut hadir pada acara pembukaan pejabat dari Bappeda Kabupaten Agam, Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Camat Candung, Wali Nagari Lasi, BPP Candung, Owner Kawasan Wisata Keju Lasi dan Narasumber.

Materi utama pertemuan adalah Pengolahan Pakan Komplit menggunakan Teknologi Probiotik Nabati. Narasumber berasal   dari Praktisi Pakan Ternak ( Ir. Delmon Horizon).  Inovasi teknologi pengolahan pakan yang diterapkan kepada peserta berbasis pemanfaatan sumberdaya lokal. Tujuan dilaksanakannya pertemuan adalah untuk mengenalkan kepada petani/peternak tentang adanya Teknologi Probiotik Nabati yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan pakan komplit berkualitas.  Pakan komplit berkualitas bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kesehatan ternak. Diselenggarakannya pertemuanini juga bertujuan  untuk mendukung salah satu Program Unggulan Gubernur Sumbar yaitu meningkatkan Pendapatan Petani. Melalui kegiatan ini kedepannya pendapatan petani/peternak akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya produktivitas dan kesehatan ternak.

Peserta pertemuan berjumlah 15 orang,  berasal dari petani/peternak yang sebagian  besarnya merupakan generasi milenial ( tergabung dalam Kelompok Tani Milenial).  Melalui pertemuan ini diharapkan generasi Milenial termotivasi untuk terus berjuang  mewujudkan lahirnya pabrik pakan berbasis teknologi probiotik nabati di Kabupaten Agam. Dana untuk pelaksanaan pertemuan berasal dari Anggaran APBD Provinsi Sumbar Tahun 2022 melalui Sub Kegiatan Uji Coba dan Rancang Bangun/Model Replikasi dan Invensi di Bidang Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi.

 

DIPOSTING OLEH :

BIDANG INOVASI DAN TEKNOLOGI BALITBANG PROV. SUMBAR

.