Berita

Jurnal Online Pembangunan Nagari15 Jun 2020 08:06:26 / 222 view

Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat sebagai institusi yang memiliki fungsi penelitian dan pengembangan telah mempunyai Jurnal llmiah dengan nama “Jurnal Pembangunan Nagari”. Pembangunan Jurnal Ilmiah di Balitbang Provinsi Sumatera Barat bertujuan untuk meningkatan aktifitas  riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (RIPTEK) di Indonesia umumnya dan Sumatera Barat khususnya dan mendorong para peneliti di lingkungan kelembagaan litbang baik di tingkat pusat maupun daerah untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian agar menambah khasanah/kekayaan intelektual dalam membangun suatu wilayah berbasis penelitian.

Jurnal Pembangunan Nagari merupakan pengembagan dari Jurnal Penelitian yang di bentuk tahun 2013 di Bappeda Provinsi Sumatera Barat. Dengan adanya Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor : 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, maka Tahun 2016, Jurnal Peneltian bermigrasi dari versi cetak ke versi online dengan nama Jurnal Pembangunan Nagari.

Diantara 32 (tiga puluh dua) jurnal versi cetak di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri, Jurnal Pembangunan  Nagari termasuk paling cepat bermgrasi ke versi online dibanding jurnal-jurnal lainnya. Jurnal ilmiah dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri baru hanya 2 (dua) bermigrasi ke versi online antara lain Jurnal Binapraja dan Jurnal Pembangunan Nagari.

Kedepan, Balitbang Provinsi Sumatera Barat akan berupaya agar Jurnal Pembagunan Nagari terakreditasi nasional sehingga meningkatkan minat para peneliti dari Perguruan Tinggi, Kementeraian/Lembaga, Badan lingkup litbang untuk memasukan artikel ilmiah mereka ke Jurnal Pembanguna Nagari, untuk lebih jelasnya kunjungi website www.ejournal.sumbarprov.go.id. (Bid.PIT).

.