Berita

BALITBANG PROVINSI SUMBAR TERAPKAN INOVASI PROBIOTIK NABATI UNTUK PAKAN TERNAK28 Aug 2022 19:08:34 / 48 view

Oleh : Dr. Sri Zulyanti Mardhiah, S.TP, M.Si

Balitbang Provinsi Sumbar terapkan Inovasi Probiotik Nabati Untuk Pakan Ternak ( Prona Kater) kepada petani/peternak di Nagari Lasi, Kecamatan Candung, Kabupaten Agam. Penerapan inovasi tersebut dilaksanakan melalui Bimtek Inovasi Probiotik Nabati Untuk Pakan Ternak. Bimtek terselenggara atas Dana ABPB Provinsi Sumbar Tahun Anggaran 2022 pada Sub Kegiatan Uji Coba dan Penerapan Rancang Bangun/Model Replikasi dan Invensi di Bidang Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi.

Bimtek diselenggarakan oleh Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Provinsi Sumbar dengan penanggung jawab kegiatan Sub Koordinator Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi ( Analis Pemanfaatan Iptek). Peserta bimtek berjumlah 15 orang yang berasal dari petani/peternak di Nagari Lasi, Kecamatan Candung, Kabupaten Agam, yang sebagiannya merupakan kaum milenial yang tergabung dalam Kelompok Tani (Keltan) Milenial. Salah satu usaha yang dijalankan Keltan Milenial adalah usaha pakan ternak utamanya konsentrat. Narasumber bimtek berasal dari praktisi Pakan Ternak ( Ir. Delmon Horizon), Fakultas Peternakan Unand dan Dinas Peternakan Provinsi Sumbar.

Dilaksanakannya Bimtek Inovasi Prona Kater dalam rangka membantu mencarikan solusi permasalahan yang dihadapi oleh petani/peternak terkait ketersediaan pakan yang langka dan harganya pun tinggi. Sudah ada inovasi teknologi probiotik nabati untuk pakan ternakyang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan pakan ternak berbasis sumberdaya lokal. Disamping itu terlaksananya bimtek ini juga untuk mendukung Program Ungulan Gubernur Sumbar Mahyeldi, SP yang terkait peningkatan pendapatan petani dan dijadikannya Sumbar sebagai lumbung pangan.

Pelaksanaan bimtek pada hari Senin-Selasa tanggal 15-16 Agustus 2022 bertempat di Kantor BPP Candung dan Kawasan Wisata Keju Lasi. Bimtek dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Litbang Provinsi Sumbar (Dr. Ir. Reti Wafda, M.Tp). Saat membuka acara secara resmi, Reti Wafda juga menyampaikan arahannya kepada peserta supaya memanfaatkan momen bimtek dengan optimal agar memberikan dampak yang signifikan tehadap peningkatan dan pengembangan usaha peternakan mereka. Disampaikan juga agar peserta mengikuti semua proses bimtek dengan serius dan menerapkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh dalam pembuatan pakan dalam menjalankan usaha ternak sapi dan usaha pembuatan konsentrat dan pakan ternak. Diharapkan juga peserta dapat mengembangkan usaha pembuatan pakan sehingga pada masa yang akan datang terwujud berdirinya pabrik pakan berbasis Probiotik Nabati dengan memanfaatkan sumberdaya lokal di Kabupaten Agam yang berpusat di Nagari Lasi.

Acara pembukaan Bimtek Inovasi Prona Kater juga dihadiri oleh Kadis Pertanian Kabupaten Agam, Kadis Peternakan Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Kepala UPTD Ternak Ruminansia Air Runding, Kabid Inovasi dan Teknologi Balitbang Provinsi Sumbar, Sub Koordinator Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi ( Analis Pemanfaatan Iptek), narasumber dari Fakultas Peternakan Unand dan Praktisi Pakan Ternak, Koordinator BPP Candung, Owner Kawasan Wisata Keju Lasi.

Bimtek dilaksanakan dengan metode penyampaian materi dari narasumber, dilanjutkan dengan diskusi dan praktek. Praktek yang dilaksanakan adalah pembuatan comboran, konsetrat dan pakan komplit berbasis probiotik nabati dengan memanfaatkan sumberdaya lokal.

 

Diposting Oleh : Dr. Sri Zulyanti Mardhiah, S.TP, M.Si

Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Prov. Sumbar

.