Berita

Bimtek Penginputan Data IPKD Tahun 202227 Sep 2022 22:09:35 / 180 view

      Bidang Sosial Pemerintah Balitbang Prov. Sumatera Barat melakukan kegiatan  Bimtek Indeks Keuangan Daerah (IPKD) diadakan tanggal 31 Agustus s/d 01 September  2022 di The Balcone Hotel Agam. Bimbingan Teknis yang diikuti oleh    selutuh OPD Kab/Kota di Sumatera Barat yang melaksanakan penginputan IPKD yaitu OPD Bappeda/Bapelitbang , serta Tim Penginputan IPKD Provinsi yang terdiri dari Balitbang, Bappeda, BPKAD, Diskominfotik dan Inspektorat Prov. Sumatera Barat. Bimbingan Teknis yang dibuka  oleh Kabid Sospem Ibu Febrina Tri Susila Putri SP, MSi  sebagai Wakil dari Kepala Balitbang  ini juga menghadirkan Nara sumber dari tim teknis IPKD Kemendagri sdr. Zahrina Luthfi Raudina.

      Bimtek  ini merupakan Upaya Balitbang dalam menaikkan nilai indek IPKD Prov. Sumatera  Barat dan Kab/Kota yang ada di Sumatera Barat sehingga natinya dapat memperoleh tingkat terbaik secara Nasional. Pengukuran IPKD yang merupakan amanat permendagri nomor 19 tahun 2020 dilaksankan oleh pemerintah provinsi melalui Badan Penelitian dan melakukan pengukuran  IPKD dengan menggunakan 6 dimensi ini dapat dilakukan melalui website: http://ipkd-bpp.kemendagri.go.id/. Adapun 6 (enam) dimensi pengukuran IPKD tersebut

  1.     pengalokasian anggaran belanja dalam APBD
  2.     transparansi pengelolaan keuangan daerah
  3.     penyerapan anggaran
  4.     kondisi keuangan daerah; dan
  5.     opini badan pemeriksa keuangan atas lPKD

      Diharapkan dengan adanya Bimtek ini dapat membantu OPD  Provinsi maupun OPD Kabupaten/Kota dapat melakukan penginputan data dengan benar, efektif dan data dukung  yang sesuai sehingga mampu memperoleh predikat terbaik.

.