Berita

Integrasi Jaringan Jalan Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupaten Kerinci16 Oct 2022 07:10:28 / 159 view

       Balitbang Provinsi Sumatera Barat melakukan pengumpulan data dan survey lapangan dalam rangka menindaklanjuti surat Bupati Solok Selatan Nomor 050/106/V/Rendallitbang/Bappeda 2022 tentang Permohonan Kolaborasi untuk kajian Jalan Strategis Sungai Sungkai (Solok Selatan) Sungai Rumbai (Dharmasraya) yang akan menghubungkan ke Feeder Tol Jalan Tol Trans Sumatera, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5-8 Oktober 2022 di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi yang merupakan Kabupaten tetangga yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat. Sedikit banyaknya aktivitas di daerah ini akan berpengaruh pula terhadap bangkitan dan tarikan perjalanan dari dan menuju Kabupaten Solok Selatan khususnya dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya.

      Terkait dengan rencana pembangunan jalan strategis Sungai Sungkai (Solok Selatan) -Sungai Rumbai (Dharmasraya), Kabupaten Kerinci telah mengeluarkan surat pernyataan dukungan dari Bupati pada tanggal 11 Februari tahun 2022. Jalan yang menghubungkan Kabupaten Kerinci ke Kabupaten Solok Selatan melalui satu jalan akses yaitu jalan nasional. Pada kegiatan ini diperoleh informasi terkait produksi pertanian unggulan di Kabupaten Kerinci seperti kulit manis, teh, kopi, kentang dan sayur-sayuran yang sebagian besar dipasarkan ke Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan ada juga yang dibawa ke Jakarta melalui darat maupun melalui laut. Di sektor pariwisata sudah ada Rencana Induk Kepariwisataan namun kalau untuk urusan wisata masyarakat Kabupaten Kerinci lebih cenderung pergi berwisata ke Sumatera Barat yang lebih kaya akan destinasi wisatanya.

       Rencana pengembangan dan pembangunan jalan Sungai Sungkai (Solok Selatan) – Sungai Rumbai (Dharmasraya) sangat disambut positif oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci, karena akan memberikan dampak positif dan membuka peluang baru bagi Kabupaten Kerinci dalam hal pemasaran hasil pertanian dan produk lainnya ke bagian utara Sumatera terutama ke Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Utara. Pada kegiatan ini juga dilakukan pengambilan data Lalulintas Harian Rata-Rata (LHR) dilakukan dititik dekat perbatasan antara Kabupaten Kerinci dengan Kabupaten Solok Selatan. Data dan informasi yang diperoleh akan dianalisis lebih lanjut untuk memperkaya dan memperdalam hasil Kajian Rencana pengembangan dan pembangunan jalan Sungai Sungkai (Solok Selatan) – Sungai Rumbai (Dharmasraya).

.