Berita

INNOVATIF GOVERNMENT AWARD 202222 Feb 2023 11:02:15 / 692 view

Padang- Provinsi Sumatera Barat menerima  Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat pada Jumat, 23 Desember 2022 yang diwakili oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat DR. Ir. Reti Wafda, MTp. Gelaran tersebut sebagai upaya untuk menumbuhkan ekosistem inovasi di daerah.

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat DR. Ir. Reti Wafda, MTp menjelaskan bahwa Provinsi Sumatera Barat meraih Predikat Provinsi Sangat Inovatif se Indonesia atau peringkat 4 Nasional nilai Indeks Inovasi Daerah dengan nilai 70,49. “Provinsi Sumatera Barat berhasil mempertahankan predikat Provinsi Sangat Inovatif  5 kali berturut-turut sejak tahun 2017-2022,” ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat DR. Ir. Reti Wafda, MTp menyampaikan Inovasi Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 ini sebanyak 391 Inovasi dan yang dikirim ke Kemendagri sebanyak 161 inovasi sesuai dengan kematangannya, kemudian ada lima kategori dalam penghargaan IGA. Kategori tersebut meliputi Provinsi Terinovatif, Kabupaten Terinovatif, Kota Terinovatif, Daerah Perbatasan Terinovatif, dan Daerah Tertinggal Terinovatif. Setelah melalui proses panjang penilaian IGA, akhirnya diperoleh sejumlah daerah terinovatif yang akan mendapatkan penghargaan dalam puncak IGA 2022. “Ada 7 provinsi terinovatif, 12 kabupaten terinovatif, 12 kota terinovatif, 5 daerah perbatasan terinovatif dan 4 daerah tertinggal yang terinovatif,” ungkap Reti Wafda.

.