Berita

DISEMINASI ROAD MAP GAMBIR SUMATERA BARAT25 Feb 2023 22:02:46 / 39 view

Bertempat di Aula Kantor Gubernur, Selasa 21 Februari 2023 Balitbang Prov. Sumbar melaksanakan Diseminasi Roadmap Gambir Sumatera Barat. Dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Asisten II, Kepala Balitbang, OPD dan stakeholder terkait serta Kabupaten /Kota yang menjadi sentra produksi Gambir Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan ini dibuka dan dimoderatori oleh Asisten II Setda Prov. Sumbar, kemudian dilanjutkan dengan Paparan terkait Road Map Gambir oleh Kepala Balitbang Prov. Sumbar Drs. Bustavidia, MM. Didalam Road Map Gambir yang telah disusun oleh Tim Balitbang Prov. Sumbar ini telah digambarkan strategi bagaimana untuk mengembangkan dan meningkatkan pendapatan petani gambir mulai dari hulu sampai ke hilir, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Rencana Aksi dan peran Stakeholder.  

Dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Barat juga berharap agar Gambir Sumatera Barat dapat menembus pasar Internasional dan pada akhir tahun 2023 diharapkan kita dapat mengekspor produk turunan gambir.

 

Disampaikan juga oleh Gubernur bahwa untuk didalam negeri sendiri, pada tahun 2024 akan ada Pemilu, ini merupakan peluang/kesempatan bagi kita untuk dapat memasarkan gambir Sumatera Barat ke seluruh Indonesia, minimal dapat memenuhi kebutuhan tinta Pemilu di Sumatera Barat sendiri.

Petani kita diharapkan semangat menanam gambir dan dijual dengan harga yang pantas. Oleh sebab itu diharapkan OPD terkait beserta Kabupaten/Kota saling bersinergi sehingga dapat memaksimalkan potensi gambir Sumatera Barat, karena Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi penghasil gambir terbesar di Indonesia.

.