Berita

Pengambilan Data Penelitian Potensi, Peluang dan Strategi Pengembangan Ekspor di Sumatera Barat.28 Aug 2023 11:08:10 / 265 view

Balitbang Prov. Sumbar. Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai pada tanggal 23 s.d 24 Agustus 2023 dilaksanakan wawancara oleh Tim Peneliti Balitbang Prov. Sumbar dalam rangka pengumpulan data penelitian potensi, peluang dan strategi pengembangan ekspor di Sumatera Barat. Menghadirkan SKPD terkait seperti Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Koperindag dan UMKM, Dinas Perikanan dan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kajian ini dilaksanakan dalam rangka mencarikan peluang pasar ekspor yang sesuai dengan potensi komoditi yg ada di Sumatera Barat, dan salah satunya komoditi yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai.  Pada pertemuan tersebut diperoleh data dan informasi tentang potensi perikanan (ikan tuna, lobster, kepiting), potensi pertanian (pisang, kelapa, nilam/atsiri, cengkeh, pinang) dan lain-lain sebagainya. Selain potensi ekspor, juga diperoleh informasi tentang kebijakan dan upaya yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, mulai dari peningkatan produksi, peningkatan sumber daya petani, informasi luas lahan dan produksi, upaya pembangunan hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah produk, kerjasama dengan pelaku usaha dan lain sebagainya.

Selain pengumpulan data yang dilakukan di Bappeda, juga dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di Tempat Pelelangan Ikan, wawancara dengan pedagang pengumpul lobster, gurita, kepiting bakau serta dengan pelaku pengolah ikan kering.

.