Berita

Diskusi Aktual MPK Sumbar Bidang Pendidikan: PPDB Sistem Zonasi dan Permasalahannya05 Oct 2023 11:10:56 / 138 view

Diskusi aktual Majelis Pertimbangan Kelitbangan (MPK) Sumatera Barat Bidang Sumber Daya Manusia (Pendidikan) dengan tema Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)Sistem Zonasi dan Permasalahannya. Diskusi dilaksanakan di Ruang Rapat Balitbang dibuka secara resmi oleh Kepala Balitbang diwakili oleh Kabid Ekonomi dan Pembangunan Ir. Triana Desy Putri, M.Si. Diskusi dipimpin oleh Koordinator Pakar/Tenaga Ahli/Praktisi Prof. Ir. Musliar Kasim, MS. 

Diskusi diawali dengan pemaparan oleh Sub Koordinator Bidang SDM (Pendidikan) Prof. Mudjiran. Beliau memaparkan beberapa permasalahan yang muncul dari PPDB Sistem Zonasi. Pada diskusi juga turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Barlius, MM. Pada Kesempatan ini Barlius menuturkan bahwasanya dalam waktu dekat akan ada pertemuan di Kementerian Pendidikan yang juga akan membahas tentang permasalahan Sitem Zonasi ini. Beliau menuturkan setidaknya permasalahan utama yang terjadi akibat penerimaan sistem zonasi ini ialah karena penyebaran sekolah pada wilayah perkotaan tidak sebanding dengan penyebaran permukiman penduduk. Ini mengakibatkan adanya Blank Zone, dimana pada beberapa wilayah permukiman penduduk tidak ditemui adanya sekolah.

Pada diskusi ini juga dihadiri oleh beberapa anggota MPK Bidang SDM (Pendidikan) diantaranya Prof. Jamaris, Prof. Firman, Prof. Alwen Bentri, Dr. Muslim Tawakal, dan Prawira Salim. Sebelum menghasilkan rumusan rekomendasi kebijakan, diskusi lebih lanjut terkait permasalahan Sistem Zonasi ini akan dilakukan kembali setelah Kadis Pendidikan kembali dari pertemuan di Kementerian Pendidikan.  

.