Berita

SUMATERA BARAT KEMBALI MENERIMA ANUGERAH IGA 2023 SEBAGAI PROVINSI TERINOVATIF14 Dec 2023 09:12:43 / 66 view

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali diberi penghargaan sebagai Provinsi Terinovatif Tahun 2023. Di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri di Jakarta, Selasa (12/12), Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyerahkan penghargaan langsung kepada Sekretaris Daerah Drs. Hansastri, MM, mewakili Gubernur Sumatera Barat. Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah didampingi oleh Dr. Bustavidia, MM, Kabalitbang Provinsi Sumbar, Dr. Ir. Fathol Bari, M.Sc. Eng., Kadis SDA BK Provinsi Sumbar, Dr. Lila Yanwar, M.Mar., Kadis Kesehatan. Ini adalah penghargaan IGA ke-6 berturut-turut yang diterima oleh Provinsi Sumbar sejak 2018. 

Provinsi Sumbar menerima penghargaan IGA 2023 setelah melewati empat tahapan penilaian. Untuk OPD Pemprov Sumbar, tahap penjaringan inovasi pertama berlangsung dari Juni hingga 28 Juli 2023. Kedua, proses pengukuran dilakukan dengan memverifikasi bahwa parameter ukur pada Indikator Indeks Inovasi Daerah (IID) sesuai dengan dokumen bukti yang dilaporkan. Tahap ketiga adalah evaluasi presentasi gubernur oleh tim juri yang terdiri dari BSKDN Kemendagri, Kementerian PAN RB, BRIN, Perguruan Tinggi, LSM, dan Media. Terakhir, proses peninjauan lapangan dilakukan untuk memastikan bahwa inovasi unggulan yang ditawarkan oleh kepala daerah benar-benar diterapkan.

Pemprov Sumbar mengirimkan 177 inovasi ke IGA tahun 2023, dengan 2 (dua) inovasi unggulan: MASUK SURGA (Memberikan AkseS mUdah dan Komprehensif untuk SelUruh waRGA) oleh UPTD BKIM Dinas Kesehatan dan LIHAI (Laporan Harian Irigasi) oleh UPTD Balai SDABK Wilayah Utara Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi.

.