Berita

Jurnal Pembangunan Nagari Balitbang Sumbar Naik Peringkat Akreditasi SINTA 3 29 May 2024 10:05:01 / 332 view

Salah satu wadah yang disediakan Balitbang Provinsi Sumatera Barat dalam upaya penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian adalah Jurnal Pembangunan Nagari  yang diterbitkan secara elektronik.

Alhamdulillah berdasarkan penilaian Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional (Arjuna), Jurnal Pembangunan Nagari yang diterbitkan Balitbang Provinsi Sumatera Barat berhasil naik peringkat Akreditasi dari Sinta 5 ke Sinta 3, yang berlaku sejak volume 7 Nomor 2 tahun 2022. Hasil ini diperoleh berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 0547/E5/DT.05.00/2024 tanggal 15 Mei 2024 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2024.

Pengumuman resmi mengenai peringkat SINTA 3 ini dirilis pada hari Jumat  24 Mei  2024. Kepala Balitbang Provinsi Sumatera Barat Bapak Drs. Bustavidia, MM mengucapkan “Selamat, Alhamdulillah dan mantap!!.

Diketahui SINTA (Science and Technology Index) merupakan sistem untuk memudahkan dalam melakukan pemetaan, pengukuran kinerja hasil penelitian yang dilakukan peneliti dan lembaga penelitian di Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2017 oleh Kemenristek Dikti.

Jurnal pada tingkat SINTA 3 tersebut memiliki reputasi yang baik di tingkat nasional dan mungkin telah mulai menarik perhatian di tingkat internasional.

Capaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kerjasama seluruh pihak, termasuk tim pengelola Jurnal Pembangunan Nagari yang senantiasa mengawal proses reakreditasi sejak awal diusulkan pada tahun 2023. Tim Pengelola Jurnal berasal dari peneliti dan ASN di Balitbang, peneliti/dosen Perguruan Tinggi di Sumbar dan di luar Sumbar serta di luar Indonesia.

Editor in Chief Jurnal Pembangunan Nagari, Dra. Yulfra Media, MSi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balitbang Provinsi Sumatera Barat, Sekretaris Balitbang, Kabid Inovasi & Teknologi, Editor, Reviewer, tim IT dan semua pihak yang telah mendukung.

Dari hasil yang telah diperoleh ini, berharap kedepannya Jurnal Pembangunan Nagari dapat lebih meningkatkan kualitas jurnal, dan semoga pengelolaan kedepan bisa lebih baik lagi dan bermanfaat bagi kita semua, Aamiin (ym)

Jurnal Pembangunan Nagari terbit dua kali dalam satu tahun, pada bulan Juni dan Desember, yang dapat diakses melalui: https://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn

 

.