Berita

SOSIALISASI ELEKTRONIK JURNAL PEMBANGUNAN NAGARI23 Aug 2024 15:08:14 / 118 view

Sosialisasi Elektronik Jurnal Pembangunan Nagari ini adalah untuk mensosialisasikan dan mendiseminasikan hasil Kelitbangan dalam rangka mendukung pembangunan daerah untuk peningkatan pengetahuan dan ekonomi masyarakat,  melakukan publikasi artikel-artikel hasil penelitian dan atau hasil review jurnal secara elektronik melalui E-Jurnal Pembangunan Nagari.

Jurnal Pembangunan Nagari yang diterbitkan secara elektronik oleh Balitbang Provinsi Sumatera Barat dinyatakan telah terakreditasi peringkat 3 (SINTA 3) sejak tanggal 01 April 2024  sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal  Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti Nomor 72/E/KPT/2024 dan berlaku sampai tahun 2027. Akreditasi jurnal dikembangkan sebagai sarana untuk mengukur apakah suatu jurnal sudah memenuhi syarat minimum mutu penerbitan ilmiah.

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan peringkat akreditasi Jurnal, telah dilakukan berbagai upaya perbaikan/perubahan agar lebih baik lagi,  diantaranya dengan melakukan perbaikan dan inovasi  terhadap kualitas dan pengelolaan jurnal. Dalam hal ini telah dilakukan inovasi atau perubahan terhadap susunan aggota Editor dan Reviewer (Mitra Bestari), yang  anggotanya tidak hanya berasal dari peneliti/dosen di Sumatera Barat, tetapi juga berasal dari peneliti/dosen dari berbagai lembaga penelitian/instansi di Indonesia, bahkan reviewer ada yang berasal dari Universiti Kuala Lumpur, Malaysia.

Dengan kata lain bahwa Jurnal Pembangunan Nagari sudah melibatkan Reviewer dari dua Negara. Hal ini sesuai Keputusan Dirjen Dikti Ristek RI Nomor 134/e/kpt/2021 tentang Pedoman akreditasi Jurnal Ilmiah bahwa pelibatan Mitra Bestari (Reviewer) akan mendapatkan nilai tinggi jika sebagian besar Mitra Bestari berkualifikasi internasional dan berasal dari beberapa Negara.

Selanjutnya juga  telah dilakukan perbaikan terhadap  peningkatkan kepuasan pelayanan melalui masukan-masukan/saran dari pengguna melalui Survei  Kepuasan Terhadap Layanan Open Journal Sistem (OJS) Jurnal Pembangunan Nagari secara online yang terdapat pada Web Jurnal Pembangunan Nagari. 

Keberadaan Elektronik Jurnal Pembangunan Nagari juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kontribusi dari para peneliti/dosen, mahasiswa, pejabat fungsional tertentu lainnya dan masyarakat,baik yang berada di Indonesia maupun di luar Indonesia untuk menulis karya tulis ilmiah dalam berbagai inovasi baru sebagai upaya memperluas jaringan pengetahuan, meningkatkan ilmu pengetahuan dan inovasi bagi pemerintah maupun masyarakat, memudahkan akses dan publikasi secara luas dan meningkatkan daya saing, kualitas, kreatifitas, ilmu dan pengetahuan para peneliti/penulis.

Dengan adaya elektronik  Jurnal Pembangunan Nagari ini, Balitbang Provinsi Sumatera Barat telah membuka akses seluasnya-luasnya kepada masyarakat untuk memanfatkan publikasi berupa artikel  hasil penelitian dan review hasil-hasil penelitian.

.