Berita

Peneliti Balitbang Provinsi Sumbar Peringkat Tertinggi Sitasi Di Google Scholar15 Jun 2020 08:06:21 / 499 view

Peneliti Madya Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi bernama Dra. Yulfira Media, M.Si peringkat pertama sitasi bidang perilaku kesehatan. Berdasarkan penulusuran google scolar ( https://scholar.google.com/citations?view_op=search_authors&hl=en&mauthors=label:perilaku_kesehatan ), artikel Dra Yulfira Media, M.Si paling banyak dirujuk oleh peneliti di Indosesia dengan jumlah 38 kali rujukan. Inilah yang menempatkan Dra. Yulfira Media, M.Si menjad peringkat pertama sitasi pada bidang Perilaku Kesehatan.

Dra. Yulfira Media, M.Si memiliki pengalaman cukup banyak di Bidang perilaku kesehatan, yang mana sejak tahun 1996 sudah menjadi peneliti Badan Litbang Kementerian Kesehatan RI. Dan tahun 2009 sampai sekarang menjadi peneliti di Litbang Provinsi Sumatera Barat. Beberapa penelitian yang fenomenal yang telah dipublish di masyarakat adalah Tuberculosis (TB ), Malaria, Kesehatan Ibu dan Anak, HIV. Diantara tema penelitian tersebut, penelitian Tuberculosis (TB ) merupakan penelitian yang paling banyak di sitasi oleh para peneliti di Indonesia. Pengalaman lain Dra. Yulfira Media adalah penanggung jawab teknis dalam riset berskala nasional (Riskesdas dan Risfaskes) serta pemakalah di seminar Nasional dan Internasional.

Tahun 2017 ini, Peneliti Madya, Dra. Yulfira Media, M.Si sedang melakukan penelitian terkait Upaya Penurunan Angka Kematian Ibu di Sumatera Barat. Hasil penelitian tersebut sebagai bahan rumusan kebijakan yang dapat dilaksanakan instansi terkait, terutama institusi yang membidangi kesehatan. Sebelumnya, peneliti Madya, Dra. Yulfira Media, M.Si juga banyak berkonstribusi dalam pemanfaatan riset, antara lain penelitian Stategi Penangulangan Kematian Ibu Kab. Solok bebasis Sosial Budaya, Stategi Penanggulangan HIV/AIDS di Kota Bukttinggi. Hasil riset tersebut telah banyak digunakan oleh SKPD terkait. Bukti dari pemanfaatan hasil riset Dra. Yulfira Media, M.Si adalah perubahan strukutur SOTK Dinas Kesehatan Kab Solok, bahan rujukan pembuatan Perda Penyakit Maksiat di Kota Bukittinggi. Selanjutnya Penelitian Strategi Dalam Upaya Penurunan Angka Kematian Bayi di Sumatera Barat menjadi bahan masukan dalam penyusunan RPJMD Sumatera Barat Tahun 2016 - 2021.

Balitbang Provinsi Sumatera Barat cukup bangga atas keberhasilan dari Peneliti Madya, Dra. Yulfira Media, M.Si yang menjadi peringkat tertinggi sitasi di Indonesia. Ini membuktikan bahwa Balitbang Provinsi Sumatera Barat telah berkonstribusi dalam meningkatkan aktifitas  Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (RIPTEK) di Indonesia serta menunjang peningkatan kinerja SKPD teknis dalam hal pembangunan daerah berbasis riset (Bid.PIT)

.