Berita

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Fungsional Peneliti Tahun 201715 Jun 2020 08:06:13 / 564 view

Kegiatan fungsional peneliti Balitbang pada Tahun 2017 meliputi peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM dalam penelitan. Diantara kegiatan dalam peningkatan kapasitas SDM adalah melalui Seminar Proposal Kajian Pelestarian Nilai Budaya yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 12 Juli 2017, bertempat di Kantor BPNB, Belimbing-Padang. Peserta berasal dari : SKPD provinsi (Balitbang, Dinas Kehutanan, Dinas Pariwisata), Balai Bahasa,  Badan Arsip dan Kepustakaan serta perguruan tinggi (UNAND, UNP dan IAIN). Kegiatan seminar proposal dilaksanakan dalam rangka menjaring masukan demi penyempurnaan kajian-kajian terkait pelestarian nilai budaya yang yang dilakukan oleh peneliti BPNB.

Kegiatan ini diikuti oleh 3 (tiga) orang peneliti dari yakni 2 (dua) orang calon peneliti degan kepakaran kebijakan publik sebagai peserta yakni : Desi Widia Kusuma, SSi (bidang lingkungan hidup) dan Afriyani, S.STp, MSC (kependudukan) dan 1 (satu) orang peneliti Madya sebagai moderator pada acara tersebut yakni Dra. Yulfira Media, MSi (kepakaran prilaku kesehatan).  

Kemudian bentuk kegiatan lain dalam peningkatan SDM adalah mengikuti Semiloka Peningkatan Kapasitas Ahli Perubahan Iklim Indonesia Regional Sumatera : Membangun Tata Kelola Perubahan Iklim Berkelanjutan di Indonesia Pasca Paris Agreement. Semiloka diikuti oleh 7 (tujuh) orang peneliti yakni : Dwi Astuti, SSi, MSi, Desi Widia Kusuma, SSi, Afriyanni, SSTp, MSc, Wempie Yuliane, SE, MSE, Momon, SSIT, MSc, Aulia Azhar, ST, MSi dan  Emilham Mirshad, ST, MST. Kegiatan Semiloka diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNAND bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dilaksanakan dalam rangka melihat kesiapan pemerintah dalam menghadapi perubahan iklim pasca pertemuan Paris (Paris Agreement) serta menjaring kajian-kajian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen maupun peneliti terkait perubahan iklim. Kemudian Dalam kegiatan yang sama, salah satu calon peneliti, yakni Desi Widia Kusuma, SSi menjadi pemakalah dengan judul artikel Tinjauan Sistem Agroforestry dan Pendekatan Karakter Budaya Lokal dalam Pemulihan Lahan Kritis di Kabupaten Limapuluh Kota. Makalah yang disampaikan oleh Desi Widia Kusma merupakan salah satu makalah yang lulus dari seleksi panitia semiloka.

Selanjutnya terkait dengan kegiatan penelitian, terdapat 4 (empat) penelitian yakni : Kajian  Faktor Determinan Kematian Ibu di Provinsi Sumatera Barat oleh peneliti Madya kepakaran prilaku kesehatan (Dra. Yulfira Media, MSi), Daya Dukung dan Daya Tampung Beban Pencemaran Sungai Batang Kuranji, Kota Padang oleh peneliti Pertama kepakaran lingkungan hidup, Kajian Penanganan Kemacetan di Pasar Koto Baru oleh peneliti Muda kepakaran transportasi (Momon, SSIT, MSc) dan Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata di Kota Bukittinggi oleh peneliti Pertama  kepakaran Sistem Informasi (Emilham Mirshad, ST, MT). Harapannya adalah penelitian tersebut dapat dijadikan bahan rumusan kebijakan dalam pembangunan daerah di Sumatera Barat (Bid.PIT)

.